Artikel-Kesehatan

Kenali tanda autisme

Bermain bersama anak tentu merupakan momen yang diidamkan setiap orang tua. Pulang kerja untuk melepas lelah atau mengajak buah hati Anda bermain selagi melakukan tugas di rumah akan sangat menyenangkan. Tetapi, mengajak anak bermain ternyata tidak hanya dapat menghibur Anda, hal ini juga dapat membantu untuk mengetahui apakah anak Anda memiliki autisme.

Salah satu permainan yang sangat umum yaitu 'cilukba' ternyata sangat membantu Anda untuk mengenali tanda-tanda autisme. Umumnya autisme tidak terlihat melalui diagnosa sampai anak berumur 3 tahun. Tetapi, melalui permainan ini Anda dapat melihat respons yang ditunjukkan anak sejak umur 4-6 bulan.

Waspada bercak

Waspadai bintik atau bercak yang tidak biasa dan tiba-tiba muncul di permukaan kulit Anda. Beberapa jenis bintik atau bercak yang abnormal mungkin merupakan pertanda berkembangnya kanker kulit atau masalah kulit lain yang lebih serius. 

Tidak normalnya bintik atau bercak tersebut tergantung pada ukuran, bentuk, dan lokasi pertumbuhannya. Dokter mungkin akan melakukan bedah ringan yang memerlukan beberapa jahitan untuk mencari tanda-tanda sel kanker.

Jika tidak ada jejak kanker dalam sampel jaringan, berarti bercak atau bintik pada kulit tersebut tidak berbahaya. Tapi jika bintik seperti tahi lalat mulai tumbuh dan semakin luas, segera periksakan kembali ke dokter.

Bahan kimia

Saat ini manusia hidup dengan paparan berbagai bahan kimia di produk rumah tangga yang digunakannya. Ditengarai paparan bahan kimia itu bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker payudara.

Tak hanya kanker payudara, paparan bahan kimia dalam produk sehari-hari itu juga bisa menyebabkan asma, infertilitas dan cacat lahir. Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahan kimia yang terkandung pada mainan anak-anak, dashboard mobil, dan kartu kredit bisa jadi memberikan dampak serius bagi kesehatan. Paparan bahan kimia itu ditengarai bisa mempengaruhi sistem hormon.

Pages